7 Suggestions Sukses Membangun Bisnis Dengan Teman

Meskipun demikian, usaha patungan yang dikelola secara benar memiliki potensi untuk berkembang pesat. Banyak dari usaha tersebut yang akhirnya menjadi bisnis raksasa dunia, seperti Google, Microsoft, dan Apple. Gambaran masalah di atas kerap dialami usaha yang baru berdiri. Pembagian modal dan kerja bisa menjadi masalah besar ketika kita mengajak teman untuk berbisnis. Apalagi, jika tidak ada kejelasan sistem di awal pendirian usaha.

Banyak hal-hal mendetail yang harus dibicarakan antara lain pembagian modal, penentuan posisi struktural terutama terkait posisi puncak atau yang memimpin bisnis, target yang akan dicapai, dan sebagainya. Jika bisnis sudah berjalan pun, kamu juga perlu mengadakan pembicaraan atau pertemuan rutin untuk mengevaluasi operasional. Kendati ikatan persahabatan sudah terjalin sangat lama dan erat, tak menjamin hal tersebut bisa memperlancar jalannya bisnis yang dijalankan bersama. Untuk itu, perlu masing-masing pihak untuk menyamakan visi dan misi. Kemitraan terbatasmemiliki satu mitra umum yang mengelola bisnis dan satu atau lebih mitra terbatas yang tidak berpartisipasi dalam operasi kemitraan dan yang tidak memiliki tanggung jawab.

Berbisnis dengan parter

Meskipun rasa percaya pada teman cukup besar, setiap orang yang terlibat dalam bisnis patungan ini sebaiknya tetap mengontrol kerja temannya, melalui evaluasi mingguan atau bulanan. Masing-masing melaporkan apa yang sudah dikerjakan, kendala, dan kemajuan dalam bisnis mereka. Ini bagian yang sulit, karena sesama teman biasanya sungkan menilai dan mengkritik. Namun, cara ini penting dilakukan agar setiap orang mengetahui apa yang dikerjakan partnernya atau setidaknya menjaga masing-masing untuk tetap bekerja dengan profesional dan menekan risiko penyimpangan.

Atau kita memilih usaha makanan, sementara rekan bisnis kita lebih tertarik ke dunia otomotif. Apalagi jika rekan bisnis kita tidak mengenal urusan masak-memasak! Tidak jarang dalam membuat bisnis bersama teman tidak melihat latar belakang atau kemampuan dari pasangan.

Maka, harus dipastikan kalau partnermu nantinya memiliki etos kerja tersebut demi kesuksesan bisnis yang kamu rintis dan kembangkan. Banyak perusahaan yang dikelola oleh keluarga dan sahabat mengalami kegagalan karena batas antara hubungan pribadi dan profesional yang tidak jelas. Dalam merintis dan mengembangkan bisnis, visi serta misi merupakan fondasi yang sangat penting.

Selain modal dan ability, kita juga bisa saling bertukar pikiran jika usaha mengalami kendala, sehingga solusi masalah terasa lebih ringan. Karena pemikiran dua orang atau lebih jika digabung dalam menyelesaikan masalah akan lebih mudah. Misalnya, jika Anda atau teman Anda jago merakit komputer, dianjurkan agar tak menekuni usaha kuliner. Sedangkan mitra bisnis yang merupakan sahabat, akan tetap loyal meskipun perusahaan sedang dilanda keterpurukan. Karena sebagai sahabat, dia yakin bahwa musibah tersebut merupakan jalan menuju kesuksesan di kemudian hari. Pembagian tugas serta kewajiban masing-masing pihak harus dibicarakan dan ditetapkan sebelum usaha berjalan.

Asalkan terhubung dengan jaringan internet, Anda bisa menjalankan bisnis di mana saja dan kapan saja. Selain bisnis secara online, Anda juga bisa bekerja secara remote dari rumah tanpa perlu pergi ke kantor setiap hari. Sistem pekerjaan ini dikenal dengan bekerja freelance dan bisa dikerjakan di rumah. Dengan demikian, Anda bisa meminimalkan ongkos transportasi juga menghemat waktu dan energi. Terakhir, keuntungan berbisnis sendiri tanpa partner adalah lebih puas merasakan pencapaian.